Pulau Batu Mandi, Kepulauan Riau

0
60

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau yang dapat digunakan sebagai tujuan wisata. Sebab di Provinsi Riau Pulau Batu Mandi sendiri adalah salah satunya.Pulau Batu Mandi terletak di tengah perairan Selat Malaka, Kecamatan Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Salah satu pulau terluar Indonesia dikenal memiliki terumbu karang yang indah. Pulau Batu Mandi adalah bagian dari gugusan Kepulauan yang terdiri dari sembilan pulau kecil yang terletak di perairan Selat Malaka.

Untuk sampai ke pulau ini, Anda bisa mulai dari Pekanbaru ke Rokan Hilir dengan menggunakan kendaraan roda empat selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Panipahan selama sekitar 30 menit. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat ke Batu Mandi Island selama sekitar 2 jam perjalanan laut.

Pulau itu berbentuk batu hitam yang tidak terlalu tinggi, di atasnya didirikan sebuah bangunan rumah yang digunakan untuk berjaga-jaga. Kondisi perairannya juga jernih dan berombak. Ini karena angin bertiup dari barat tidak ada penghalang ke pulau itu.

Arus di perairan Pulau Batu Mandi berasal dari Selat Melaka yang bergerak ke arah timur tanpa defleksi yang signifikan, dengan kecepatan arus sekitar 0,69 m / detik.

Sedangkan kedalaman pantai berada di kisaran 11-37 meter. Pulau itu sendiri tidak berpenghuni.

Terumbu karang di Pulau Batu Mandi memiliki berbagai jenis terumbu karang dengan persentase coverage sekitar 29,34%.

Jenis terumbu karang yang dominan adalah karang keras (57,2%). Sedangkan jenis karang mati lainnya (Karang Mati) 22,3% dan karang lunak (Soft Coral) 31,5%.

Oleh karena itu, perikanan di Pulau Batu Mandi memiliki sumber daya hayati yang kaya seperti ikan hias, tuna, mackerel, cakalang, kembung, kerapu, kakap dan ikan teri.

Bagi anda yang memiliki hobi memancing, tidak ada salahnya mencoba peruntungannya melempar kail di sini.

Pulau Batu Mandi dan Pulau Jemur serta pulau-pulau sekitarnya yang termasuk ke dalam gugusan Kepulauan Arwah memiliki pemandangan yang indah dan masih alami dengan pantai berpasir putih dan laut biru.

Di bagian-bagian tertentu dari pulau ada pasir putih yang sangat halus. Pasir adalah tempat favorit bagi penyu untuk menjaga telur mereka.

Untuk diketahui bahwa kawasan gugusan Kepulauan Arwah adalah tempat pelestarian hewan langka sekaligus tempat penangkaran penyu.

Meskipun pulau ini belum menjadi kawasan wisata dan jika dilihat dari kejauhan pulau ini terlihat kurang menarik, pulau ini memiliki keindahan tersendiri.