Taman Nasional (bawah Air) Wakatobi

0
33

Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu dari 50 taman nasoinal yang ada di Indonesia, yang terletak di distrik Wakatobi, di Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini didirikan pada tahun 2002, dengan luas total 1,39 juta hektar, untuk menjaga keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, yang terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan laut. Kawasan wisata Wakatobi memiliki nilai tidak hanya sebagai tempat untuk wisata dayung. Di kawasan wisata ini ada daya tarik yang luar biasa, yang membuatnya menjadi kawasan wisata khusus. Wisatawan disajikan dengan berbagai pesona alam, yang ditemukan di hampir setiap sudut kawasan wisata ini.

Bagi para wisatawan yang tak bisa olahraga dayung, tetap akan bisa menikmati segala kebergaman keindahan alam dan budaya, serta keramahan penduduk Wakatobi, dimulai dengan melihat desa – desa yang masih menganut beragam hidup secara tradisional, para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan dari suasana alam yang masih asli. Daerah ini juga menyimpan peninggalan purbakala yang bernilai tinggi, dan memiliki pantai indah nan elok yang memiliki pasir putih. Ketika melakukan perjalanan menggunakan boat 

menuju tempat wisata tersebut, para wisataawan akan disambut oleh pemandangan matahari terbit yang memiliki aura misterius dengan cahaya indah berwarna keemasan, yang memantul indah di permukaan air laut.

 

Ketika sampai di wilayah wisata ini, para wisatawan disuguhkan pemandangan, yang tidak akan dapat terlupakan , yaitu belompatannya ratusan ekor lumba-lumbayang seakan melakukan sebuah atraksi tarian di alam bebas. Para lumba-lumba ini pun melakukan atraksi tersebut tanpa canggung atau terlihat malu-malu untuk berenang mendekati kapal para wisatawan, sehingga mereka dapat mendengar suara ikan lumba-lumba tersebut secara antusias. keindahan ini adalah sebuah pengalaman yang akan sulit dijabarkan melalui untaian kata-kata.

Untuk mewujudkan impian mengunjungi daerah wisata nan permai ini, saat ini bukanlah hal yang sulit. Pengelola, yang berkerja sama dengan pemerintah setempat telah menyediakan banyak transportasi menuju kawasan wisata ini. Untuk penginapan, kawasan wisata Wakatobi telah banyak menyediakan banyak penginapan, mulai dari hotel, villa , bahkan losmen. Banyak penginapan di daerah wisata ini yang dibangun dengan gaya artistic di atas laut, dengan menggunakan kayu. Akan tetapi fasilitas di dalam penginapan, tidak kalah dengan penginapan modern di kota-kota besar.

Selain memiliki keindahan alam dan menyimpan banyak peninggalan bersejarah, Wakatobi juga dikenal sebagai daerah wisata yang memiliki terumbu karang, yang dikategorikan sebagai trumbu karang terindah di duniia. Trumbukarang ini memiliki habitat di bawah laut yang bening, dan sangat  jarang ditemui di tempat lain. Hal tersebut membuat Wakatobi pantas disebut sebagai duplikat nirwana di bawah laut yang mendunia.