Pulau Simping, Kalimantan Barat

0
26

Pulau Simping ini adalah sebuah pulau, yang menurut catatan di Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah salah satu pulau berukuran terkecil di dunia. Pulau ini terletak di kawasan wisata Kota Singkawang Selatan, tepatnya di perairan Bay Mak Jantu, Provinsi Kalimantan Barat. Pulau ini, tepatnya, terletak di kawasan Sinka Island, yang dihubungkan oleh sebuah jembatan yang menuju daratan Sinka Island. Pada pulau ini, terdapat sebuah Klenteng. Hampir seluruh penghuni pulau ini adalah orang keturunan tiong Hoa. Jarak Pulau Simping menuju Kota Pontianak dapat ditempuh dalam waktu 2 hingga 3 jam. Pulau Simping merupakan sebuah pulau, yang berisi pasir dan bebatuan. Pulau ini memiliki luas tidak sampai 1 hektar.  Walau kecil, Pulau Simping ini dihiasi daya tarik berupa pemandangan pantai, laut dan juga perbukitan yang indah.

Keberadaan pulau ini, pada awalnya terungkap, ketika pemerinta Singkawang mengadakan pendataan pulau di sekitar Singkawang. Akhirnya Pulau Simping pun akhirnya terdata, karena zaman dahulu, terdapat manusia yang mendiami pulau ini. Menurut cerita masyarakat sekitar, pulau ini didiami sekitar tahun 200 hingga 1200 Masehi. Di pulau ini, terdapat pahatan-pahatan misterius, karena tidak diketahui pembuatnya. Di belakng hari, ukuran pulau ini pun mengecil, akibat abrasi, dan yang tersisa hanya bebatuan dan pohon-pohon yang hidup d atasnya.

Oleh karena letaknya berada di dalam kawasan Sinka Island, maka para wisatawan pun tidak menemukan kesulitan untuk mengunjungi dan menikmati panorama indah pulau ini. Di pulau ini memang tidak ada penginapan, tetapi mereka dapat melepas lelah dengan menyewa hotel di kawasan Sinka Island.  Bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, mereka dapat membeli  cindera mata, yang banyak di jual oleh para pedagang. Mereka menjual oleh-oleh seperti beragam hiasan rumah khas Singkawang, bingkai foto yang terbuat dari pasir, pakaian yang dihiasi keong, dan lain-lain.

Kawasan ini juga dekat dengan pemandian belerang, yang terletak di Desa Babulang. Oleh karena letaknya berada di kawasan Sinka Island, maka para wisatawan, yang bermaksud untuk mengunjungi pulau ini, dapat juga menikmati segala keindahan Taman Wisata Sinka Island, Taman Wisata adalah kawasan wisata yang memiliki keindahan alam, yang unik, karena terdiri dari pemandangan dari  4 gunung, 2 pantai dan 1 tanjung. Pada kawasan Sinka Island, terdapat sebuah kebun binatang, yang konsep tata ruangnya, menyerupai Taman Safari Indonesia, yang terlletak di Cisarua , Kota Bogor, Jawa Barat