Kuliah Kerja Nyata UIN Sunan Gunung Jadi di Kelurahan Karangpanimbal

0
29

Rangkaian peringatan HUT Kota Banjar ke-14 kembali digelar pada Hari Minggu tanggal 19 Februari 2017. Acara diawali dengan jalan sehat yang startnya di Katapang dan finish di halaman Kecamatan Purwaharja. Kemudian dilanjutkan dengan lomba PBBAB yang diikuti oleh pegawai desa/kelurahan , gabungan UPTD dan PUSKESMAS yang ada di lingkungan Kecamatan Purwaharja. Selain itu acara dimeriahkan pula dengan lomba penyajian nasi liwet, lomba vollyball plastik, lomba perepet jengkol, lomba estafet sarung, dan lomba tebak gaya.

Untuk memeriahkan perlombaan ini, mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung kelompok 305 Kelurahan Karangpanimbal ikut berpartisipasi dalam lomba vollybal plastik. Tim vollyball plastik yang terdiri dari: Ulfah Khoerunnisa sebagai kapten tim, Endah Mahmudah, Neneng Nanda, Mia Dinda Yulia, dan Ade Irma Ikhsani berhasil keluar sebagai jawara pada lomba vollyball plastik ini mengalahkan tim-tim dari desa/kelurahan di lingkungan kecamatan purwaharja. Selain itu tim dari Kelurahan Karangpanimbal berhasil meraih juara harapan pertama pada perlombaan PBBAB.

Diharapkan dengan adanya berbagai perlombaan ini dapat menumbuhkan partisipasi aktif dari masyarakat untuk ikut memeriahkan HUT Kota Banjar yang ke-14, serta menjunjung tinggi semangat sportifitas dalam ikatan ukhuwah islamiyah.

Masyarakat terkesan dengan kehadiran mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun sebelumnya yang telah berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat dan mengabdikan diri di tempat mereka. Masyarakat menganggap  banyak perubahan positif yang terjadi di masyarakat sehingga mereka menyambut kembali mahasiswa KKN tahun ini dengan antusias.

Sosialisasi kali ini bertujuan untuk silaturahmi dan belajar dengan masyarakat Karangpanimbal. Mahasiswa ingin mengetahui penghidupan, stratifikasi sosial, diferensiasi sosial, serta permasalahan yang terjadi di masyarakat Karangpanimbal.

Profil Kelurahan Karangpanimbal. Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat

Lurah :
Herniati Aisah, S. STP
Alamat Kantor :
Jalan Siliwangi Kota Banjar Jawa Barat

Jumlah Penduduk :
Jumlah laki-laki 2318 orang
Jumlah perempuan 2250 orang
Jumlah Total 4568 orang

Batas Wilayah :
Utara Kelurahan Purwaharja
Selatan Kelurahan Pataruman
Timur Desa Raharja
Barat Kelurahan Purwaharja

Luas Wilayah :
Luas Pemukiman 35,00 Ha
Luas Kuburan 2,50 Ha
Luas Pekarangan 6,50 Ha
Perkantoran 5,00 Ha
Luas Prasarana Umum 19,50 Ha
Total luas 68,50 Ha

Iklim :
Curah Hujan 27,00 mm
Ketinggian 32,00 mdpl

Agama :
Islam 2475 orang
Kristen 20 orang
Katholik 4 orang
Budha 4 orang
Konghuchu 2 orang