Adakah Yang Lebih Aman, Rokok Electrik Atau Rokok Tembakau

0
117

Penggunaan Rokok elektrik atau vape tengah menjadi tren. Saat ini pun seakan sudah menjadi sebuah kebiasaan dan budaya baru di masyarakat. New York University School Medicine pada penelitiannya menunjukkan bahaya penggunaan rokok jenis ini

Adakah Yang Lebih Aman, Rokok Electrik Atau Rokok Tembakau

Rokok elektrik bisa merusak DNA dan meningkatkan risiko kanker hingga serangan jantung. Vape tidak bisa dikatakan aman dan lebih menyehatkan dibandingkan rokok tembakau.

Dalam tes laboratorium ini, peneliti menggunakan bantuan tikus. Hasilnya, ditemukan tikus yang terpapar asap rokok elektrik mengalami tingkat kerusakan DNA lebih tinggi pada bagian jantung, paru-paru serta kandung kemih dibandingkan yang menghirup udara normal. Dalam tes laboratorium ini,  diketahui DNA yang rusak merupakan DNA yang melindungi hewan dari sel kanker.

Menurut ketua penelitian Dr Moon-shong Tang asap rokok vape bersifat karsinogenik dan perokok elektrik memiliki risiko lebih tinggi daripada non-perokok terhadap penyakit kanker paru-paru, kandung kemih dan penyakit jantung.

Paparan nikotin pada sel paru-paru dan kandung kemih manusia, sel-sel cenderung  mengalami perubahan pemicu tumor. Kandungan karsinogen atau zat pemicu kanker dalam paru-paru perokok elektrik 97% lebih rendah dibandingkan rokok tembakau, tetatpi jumlah ini tetap lebih tinggi dibanding dengan mereka yang tidak menggunakan vape.