Nikmatnya Kuliner Pangandaran

0
102

Pangandaran  sebagai salah satu kota wisata populer di Jawa Barat. Kabupaten yang baru dimekarkan sejak tahun 2012 ini menawarkan sejuta pesona dan keindahan.

Pangandaran tidak hanya kaya akan pesona wisata pantai, tetapi juga memiliki deretan gua, bukit, dan lembah yang cantik. Setiap akhir pekan atau musim liburan, Pangandaran akan menjadi daerah tujuan khusus para wisatawan.

Berkunjung dan berwisata di Pangandaran  tak akan lengkap jika  belum mencicipi sajian khas kulinernya. Apa saja? Berikut kuliner khas Pangandaran yang wajib Anda coba.

Sate Galunggung

Sate Galunggung khas Pangandaran yang wajib dicicipi. Sate ini terdiri dari sate ayam, kambing, dan ikan yang disajikan dengan campuran bumbu rempah yang khas.

Nikmatnya Kuliner Pangandaran

Daging yang dimasak dan dibakar hingga empuk,  disajikan dengan lumuran bumbu kacang dan sambal kecap bersama sepiring nasi atau lontong, sebagai pelengkap sajian Sate Galunggung.

Salah satu warung Sate Galunggung yang direkomendasikan adalah RM Sate Galunggung di Jalan Kidang Pananjung. Warung sate yang cukup legendaris karena telah ada sejak tahun 1970. Dijamin, sate yang disajikan memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Soto Pangandaran

Layaknya soto ayam pada umumnya, Soto Pangandaran juga disajikan dengan suwiran daging ayam kampung, mi bihun, kacang dan bawang goreng, serta kecambah. Kemudian, sajian tersebut disiram dengan air bumbu soto bening yang segar. Adanya potongan-potongan tomat pada kuah menjadikan kuah soto berasa sedikit kecut namun segar.

Nikmatnya Kuliner Pangandaran

Yang unik dari soto ini adalah adanya kerupuk atau emping berwarna merah muda (pink) yang ditaburkan di atas sajian soto. Kerupuk ini bukan sembarang kerupuk, lho. Melainkan kerupuk yang terbuat dari olahan ikan tuna.

Anda yang tertarik ingin mencicipinya, bisa berkunjung ke warung Soto Galunggung legendaris yaitu Warung Soto Jarkomi di Jalan Pananjung No 412.

Sajian Aneka Seafood

Sebagai kota pesisir, Pangandaran tentu kaya akan keanekaragaman hayati yang kemudian bisa diolah menjadi makanan olahan laut (seafood). Makanan ini diracik dengan bumbu rempah alami sehingga dijamin mampu memuaskan lidah Anda.  Anda bisa menikmati beragam sajian seperti ikan bakar, udang saos tiram, kepiting saos padang, tiram telor asia, cumi tepung, cumi kering cabe, dan lain sebagainya.

Nikmatnya Kuliner Pangandaran

Terdapat beberapa rumah makan seafood yang bisa Anda kunjungi, di antaranya RM Berkah Seafood di Jalan Talanca No 315 dan RM Sari Laut Rasa Sayang di Jalan Kidang Pananjung No 236.

Dawet Dawala Hitam Pangandaran

Nikmatnya Kuliner Pangandaran

Berbeda dengan dawet hijau khas Jawa Tengah, dawet ala Pangandaran ini terbuat dari ketan hitam yang berasal dari serbuk abu pembakaran batang padi yang diolah hingga menjadi dawet bertekstur lembut dan wangi. Kemudian, dawet ini disajikan dengan santan kental, gula aren, dan es yang diserut. Uniknya, porsi penyajian dawet hitam ini lebih besar dibandingkan dengan komposisi lainnya. Terkadang, santan yang disajikan juga bisa diperas langsung dari bungkusan serabut kelapa.

Itulah beberapa kuliner yang wajib Anda cicipi ketika berwisata di Pangandaran.