Risiko Diabetes Bisa Diturunkan Dengan Rajin Ngopi

0
100

Diabetes merupakan penyakit yang tidak menular namun menjadi ancaman baru di dunia. Gaya hidup yang tak sehat terutama pola makan dan kurangnya aktivitas fisik membuat angka diabetes semakin meningkat tiap tahun.

Diabetes adalah penyakit yang membahayakan namun dapat dicegah dengan  menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, minum kopi juga bisa menjadi satu cara menurunkan risiko penyakit diabetes.

Menurut beberapa  penelitian, konsumsi kopi yang teratur bisa mengurangi risiko diabetes hingga 10 persen per cangkirnya.

Risiko Diabetes Bisa Diturunkan Dengan Rajin Ngopi
“Kaitan kopi dengan diabetes adalah karena tidak ada gula sama sekali dalam kopi, jadi tidak akan meningkatkan gula darah,” ujar dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD.

Konsumsi kopi yang dimaksud adalah kopi hitam tanpa gula. Anny mengingatkan bahwa menurut panduan WHO, batas konsumsi gula per hari adalah dua sendok makan.

“Kalau ingin menambah gula, sebaiknya gunakan gula yang rendah kalori,” ujar Anny.

Untuk batas kafein yang diperbolehkan dalam sehari adalah 400 mg atau setara dengan 1-2 cangkir kopi per hari. Bagi ibu hamil dan menyusui, konsumsi kafein  yang diperbolehkan adalah 200 mg per hari.

Sementara itu, Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim menambahkan, bahwa, kopi bisa menurunkan risiko diabetes karena kopi bisa meningkatkan adrenalin dan metabolisme.

“Dengan metabolisme yang meningkat, otomatis kalori yang dibakar akan lebih tinggi sehingga itu yang diduga mampu membantu mengurangi risiko diabetes,” jelas Novi.

Penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi juga bisa menurunkan risiko meninggal akibat penyakit jantung hingga 21 persen