Manfaat Beras Merah untuk Tubuh Dan Ibu Menyusui

0
125

Memilih asupan makanan yang tepat adalah hal yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh.  Apalagi bagi mereka yang memiliki masalah berat badan.

Karbohidrat tinggi terdapat dalam nasi, untuk menguranginya, dengan mengonsumsi nasi merah.

Nasi merah  membantu untuk menurunkan berat badan yang juga memiliki banyak manfaat yang belum banyak orang ketahui.

Beras merah merupakan gandum utuh, di mana hanya bagian luar dari butiran yang dikeluarkan untuk membuatnya dapat dimakan.

Tidak seperti nasi putih di mana semuanya diolah sehingga mengurangi kandungan serat dan nutrisinya.

Dibanding dengan beras putih, beras merah jauh lebih sehat dan memiliki banyak manfaat selain membantu turunkan berat badan.

Manfaat Beras Merah untuk Tubuh Dan Ibu Menyusui

Berikut manfaat nasi merah :

1. Mengatur diabetes

Diabetes merupakan kelainan metabolik umum yang telah menyerang banyak orang saat ini. Bila tubuh tidak mampu menghasilkan cukup hormon insulin, kadar gula darah bisa naik dan menyebabkan sejumlah gejala yang tak diinginkan, yakni diabetes. Beras merah kaya akan asam fitat dan serat.]

Kedua nutrisi yang diketahui dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif dan menjaga diabetes terkendali.

2. Mengelola laktasi pada ibu baru melahirkan 
Seorang ibu pasca melahirkan harus menjaga kesehatannya sendiri agar cepat sembuh dan memastikan bayinya mendapatkan cukup gizi melalui ASInya.  Beras merah  dapat meningkatkan ASI pada ibu menyusui, dengan merangsang kelenjar susu.  Sehingga bisa membantu ibu menyusui bayinya secara efektif.
3. Mengurangi kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi adalah penyakit yang umum terjadi, banyak faktor pemicu naiknya kadar kolesterol jahat, bisa saja tersangkut di arteri dan membuat aliran darah sulit ke berbagai organ.

Beras merah diketahui bisa mengurangi jumlah kolesterol tinggi dalam tubuh karena adanya asam gamma-aminobutyric (GABA).

4. Mencegah kanker 

Kanker merupakan penyakit mematikan yang bisa menyerang siapapun. Ketika sel kanker mulai berkembang biak di tubuh, mereka bisa menghancurkan jaringan dan organ tubuh.  Antioksidan kuat yang ada pada beras merah dapat membantu mencegah perbanyakan sel kanker.

5. Mengobati depresi

Beras merah merupakan salah satu dari sedikit bahan alami yang memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit mental seperti depresi. Asam amino esensial seperti glutamin, gliserin dan GABA dalam beras merah dapat meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi dan masalah kecemasan.