Buah Asli Indonesia Yang Namanya Asing Ditelinga

0
326

Buah merupakan bagian dari 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi buah-buahan sangat penting bagi kesehatan.

Fungsi mengkonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan gizi, menjaga kesehatan, meningkatkan energi, serta memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Di Indonesia sangat kaya akan tanahnya yang subur sehingga banyak tanaman buah yang bisa berkembang dengan baik jika ditanam di tanahnya.

Indonesia memiliki buah asli yang hidup dan berkembang di sejumlah daerah tertentu.

Namun, banyak dari jenis buah asli Indonesia yang kini sudah semakin langka dan sulit ditemukan.

Ada  lima jenis buah asli Nusantara yang namanya juga masih belum banyak dikenal.

1. Buah Kemang

Nama latinnya adalah Mangifera caesia, sejenis buah mangga. Buah kemang dikenal di wilayah Kalimantan Timur dengan nama palong. Warna kulitnya kuning kecokelatan jika sudah matang. Daging buahnya juga berwarna kuning, bercitarasa manis sedikit asam, dan mengandung banyak air.

Buah kemang biasanya dikonsumsi langsung atau dimakan sebagai campuran es buah, rujak dan bisa dibuat sirup.

2. Buah Bisbul

Buah bisbul  dikenal dengan sebutan buah mentega. Nama latinnya adalah Diospyros philippensis. Sebetulnya buah bisbul bukan buah asli Indonesia, tetapi banyak ditemukan di Bogor. Ciri-ciri yang mudah dilihat pada buah bisbul adalah permukaan kulitnya yang ditumbuhi bulu-bulu halus.

3. Buah Mundu

Nama latin buah mundu adalah Garcina dulcis. Buah asli Indonesia yang banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Kalimantan. Di Kalimantan, buah ini disebut dengan baros atau jawura.

4. Buah Rukem

Buah rukem merupakan tanaman asli Indonesia dengan nama latin Flacourtia rukam. Namun sayangnya, hingga sekarang buah rukem belum dibudidaya sebagai buah komersil.

Ada rasa sepat pada buah ini, sehingga harus dihilangkan terlebih dahulu dengan cara dipijit-pijit sebelum dimakan. Biasanya, buah rukem diolah menjadi rujak dan asinan.

5. Buah Menteng

Buah menteng termasuk jenis perdu dan bentuknya mirip duku. Kulitnya berwarna hijau kekuningan atau kemerahan, daging buahnya berwarna putih atau merah, dan rasanya asam manis.

Buah menteng memiliki nama latin Baccaurea dulcis dan dapat dimakan langsung atau diolah menjadi asinan dan sirup.