Lakukan Meditasi Bisa Turunkan Tekanan Darah

0
147

Beberapa metode terbukti dapat menurunkan tekanan darah, seperti olahraga dan diet rendah garam. Begitu pula dengan meditasi untuk kesehatan yang seakan tidak ada habisnya. Kabar terbaru, meditasi disebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dalam waktu cepat.

Journal of Alternative and Complementary Medicine melakukan sebuah penelitian dengan menyebutkan orang-orang yang mudah cemas, kurang tidur, dan mengalami masalah metabolisme sering memiliki tekanan darah tinggi. Penelitian ini menyebutkan meditasi bisa menurunkan tekan darah hanya dalam waktu 15 menit saja.

Lakukan Meditasi Bisa Turunkan Tekanan Darah

Menurut pendapat dr Herbert Benson dari Harvard Mind Body Medical Institute, meditasi merupakan respons yang membuat tubuh menjadi merasa rileks. Membuat seseorang merasa tenang, membuat peredaran darah ke otak lebih lancar sehingga stres pun hilang.

Cara melakukan meditasi yang mudah dan bermanfaat tidak perlu membaca mantra atau mendengarkan musik oriental tibet, tetapi Anda hanya perlu menenangkan diri sambil duduk bersila.

Kemudian,  kembangkan perasaan Anda untuk lebih merasakan hal-hal yang ada di sekitar, bukan apa yang ada di kepala Anda. Duduk dalam posisi tegak, karena posisi duduk yang terlalu santai dan rileks malah membuat ngantuk. Atur napas secara perlahan, tarik napas dalam-dalam sebelum mengeluarkannya secara perlahan.

Lakukan Meditasi Bisa Turunkan Tekanan Darah

Sebaiknya, lakukan meditasi di pagi hari sehingga Anda mendapat paparan sinar matahari yang berguna untuk mendapatkan tambahan vutamin dari sinar matahari pagi. Tetapi  manfaat meditasi juga tetap bisa didapat jika melakukan di siang maupun malam hari.