Manfaat Buah Zaitun Sebagai Antioksidan

0
122

Olahan buah zaitun seperti minyak zaitun banyak dikonsumsi orang demi kesehatan. Sebenarnya apa manfaat buah zaitun? Menurut Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, ekstrak buah zaitun (hytolive) yang merupakan antioksidan alami bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

“Buah zaitun sebagai sumber antioksidan untuk membantu melindungi tubuh dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Buah zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri,” kata dr Vina.

Ia turut mengungkapkan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan berperan sebagai antikoagulan darah yang mengurangi kemungkinan pembekuan darah. Beberapa senyawa yang ditemukan pada buah zaitun dan minyak zaitun telah terbukti membantu mencegah keropos tulang pada hewan percobaan.

Manfaat Buah Zaitun Sebagai Antioksidan

“Antioksidan sendiri berdasarkan mekanisme kerjanya, dibedakan menjadi antioksidan primer yang dapat bereaksi dengan radikal bebas atau mengubahnya menjadi produk yang stabil. Antioksidan sekunder yang bersifat preventif yang dapat mengurangi laju awal reaksi rantai serta antioksidan tersier yang berfungsi memperbaiki kerusakan sel dan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas,” singkatnya.

Umumnya, buah zaitun diolah dalam bentuk minyak yang memiliki manfaat sebagai sumber lemak sehat. Namun manfaat buah zaitun tidak hanya bisa didapatkan dalam bentuk minyak.

Susu Entrasol juga memberikan kandungan buah zaitun dengan antioksidan tinggi sehingga bisa melindungi organ tubuh dari serangan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Selain itu, susu ini juga membantu memenuhi nutrisi harian.

“Tapi tentunya semua manfaat itu juga harus tetap diimbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga, konsumsi nutrisi lengkap dan seimbang, istirahat yang cukup, menghindari stres dan selalu positive thinking serta menjauhi rokok dan minuman beralkohol,” kata dr Vina