Mana yang Paling Baik untuk Kesehatan?, Teh Vs Kopi

0
37

Kebanyakan orang akan cenderung mengonsumsi teh atau lebih menyukai kopi, sangat jarang sekali orang yang menyukai kedua-duanya. Tapi, manakah yang lebih baik di antara kedua minuman tersebut?

Teh Mempunyai manfaat yang bisa membuat tubuh hangat saat cuaca dingin. Teh juga diketahui dapat meningkatkan kadar imunitas Anda dengan menaikkan antioksidan karena teh mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang mencegah zat kimia masuk ke sistem tubuh.

Polifenol juga sangat membantu dalam melawan bakteri yang menyebabkan penyumbatan, menguatkan tulang, dan mencegah kanker rahim.

Selain itu, teh juga kaya akan antigen alkilamin dan tannin. Agen ini juga memberikan imunitas yang lebih baik serta menguatkan usus. Dibandingkan kopi, kandungan kafein dalam teh lebih rendah, hampir setengahnya.

Teh Vs Kopi Hitam

Sedangkan kopi hitam biasanya menjadi minuman favorit mereka yang gemar ke pusat kebugaran. Meskipun sering dianggap sebagai minuman yang buruk, kopi hitam juga memiliki berbagai manfaat. Meminum kopi hitam di pagi hari diketahui dapat memperpanjang usia.

Seperti teh, kopi juga mengandung antioksidan, selain kalium dan magnesium. Selain itu, kopi hitam juuga bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit seperti parkinson, karsinoma sel basal, alzheimer, dan diabetes pada pria maupun wanita, serta kanker prostat pada pria dan kanker endometrial pada wanita.

Jadi, mana yang lebih baik dari kedua minuman itu? Tergantung pada manfaat apa yang ingin Anda petik. Keduanya memiliki kelebihan dan manfaatnya tersendiri. Tapi, ada satu perbedaan signifikan, yaitu jumlah kafein yang terkandung pada masing-masing minuman.

Kopi memiliki jumlah kafein dua kali (1/4 liter mengandung 80-90 miligram kafein) dari jumlah kafein teh (40-50 miligram dalam jumlah sama).

Jadi, kalau Anda mencari minuman yang membangunkan seluruh organ tubuh di pagi hari atau memberikan dorongan sebelum berolahraga, kopi adalah jawabannya. Tapi, jika Anda ingin mengusir rasa penat di siang hari atau membuat tubuh hangat di kala dingin, ambillah secangkir teh.