Yuk Lihat Cara Mudah Untuk Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi

0
139

Mengalami kram perut di hari pertama menstruasi atau haid adalah hal umum yang dirasakan wanita. Dan mungkin, kamu adalah salah satu orang yang rutin mengalami kram perut setiap kali menstruasi tiba. Biasanya, kram perut juga disertai dengan tubuh terasa pegal-pegal, kaki kesemutan hingga punggung atau pinggang sakit dan suasana hati buruk.

Saat mengalami kram perut, cobalah untuk tidak panik ladies. Merasa panik dan sedih saat kram perut justru membuat rasa kram atau sakit yang ada semakin menjadi-jadi. Pola hidup dan makan yang buruk juga meningkatkan risiko kram perut saat menstruasi. Demi meredakan kram perut, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

 Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi
Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi

Banyak Minum Air
Pastikan minum air putih cukup bahkan lebih ketika haid tiba. Minum air putih apalagi air putih hangat akan membuat nyeri atau kram perut reda. Minum air juga bisa mengatasi masalah perut kembung saat haid.

Konsumsi Makanan Pereda Kram atau Nyeri
Beberapa makanan seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian bermanfaat mengatasi kram perut. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan ini saat menstruasi atau haid. Selain meredakan kram, makanan ini juga menjaga tubuh agar memiliki berat ideal dan sehat selalu.

Kompres Perut dengan Air Hangat
Kamu bisa mengompres perut dengan handuk yang dicelupkan ke dalam air hangat atau botol yang diisi air hangat. Sensasi hangat bisa membuat kram reda. Ini juga akan membuat kamu merasa lebih nyaman.

Jangan Malas
Malas saat mengalami kram perut justru akan membuat kram yang terasa sangat mengganggu. Agar kram ini reda, kamu harus lebih semangat dan aktif beraktivitas. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga atau bebersih rumah dan bekerja seperti biasa bisa membuat kamu lupa bahwa kamu sedang mengalami kram perut.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram perut saat menstruasi atau haid. Selain cara di atas, cara lain yang bisa dilakukan adalah konsumsi obat-obatan pereda haid. Biasanya, obat ini dijual di apotek atau toko obat terdekat. Semoga informasi ini bermanfaat.