Siwak, Sikat Gigi Tradisional Yang Kaya Manfaat

0
14
Siwak, Sikat Gigi Tradisional Yang Kaya Manfaat

Sejak dahulu, siwak merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Bahkan, siwak mempunyai efek yang lebih manjur dibandingkan pasta gigi dalam membersihkan gigi.

Masih banyak opini yang mengatakan bahwa tanda gigi sudah bersih adalah saat banyak busa yang keluar ketika proses menyikat gigi. Padahal, itu bukan tanda gigi sudah bersih dan terbebas dari kuman.

“Menyikat gigi itu enggak harus berbusa. Tanda bahwa gigi sudah bersih adalah ketika terasa kesat. Rasakan itu dengan lidah. Kalau gigi masih licin, artinya belum bersih,” ujar spesialis kedokteran gigi, drg. Bambang Nursasongko SpKG(K), dalam acara Sasha Halal Toothpaste di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Diketahui, Siwak mempunyai beragam kandungan yang bermanfaat. Salah satunya bernama tanin. Jenis kandungan ini yang ternyata ampuh menjaga kesehatan gigi, sehingga memberikan rasa bersih yang maksimal.

Siwak, Sikat Gigi Tradisional Yang Kaya Manfaat
Siwak, Sikat Gigi Tradisional Yang Kaya Manfaat

Adapun mineral yang terkandung di dalamnya dapat menghambat dan membunuh bakteri, mencegah gigi berlubang, mengikis plak dan memelihara gusi. Sementara antimikroba bermanfaat untuk mencegah infeksi atau radang dan pendarahan gusi. Kandungan lainnya seperti sulfur, sodium dan vitamin C nisa memutihkan dan menyehatkan gigi maupun gusi.

Sementara itu, cara membersihkan gigi menggunakan siwak pun cukup mudah. Batang siwak sepanjang sekitar 20 sentimeter digigit-gigit salah satu ujungnya hingga terurai seperti sikat.

Diah mengatakan, “Tidak heran, siwak telah disetujui oleh WHO sebagai agen oral hygene.”

Kini, seiring dengan kemajuan jaman, maka siwak mulai ditinggalkan. Meski demikian, kita harus tetap menjaga kesehatan gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here