Demokrat Tegaskan SBY Akan Jadi Mentor Debat Bagi Prabowo-Sandiaga

0
125
Demokrat Tegaskan SBY Akan Jadi Mentor Debat Bagi Prabowo-Sandiaga

Kesediaan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjadi mentor debat bagi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, ditegaskan Hinca IP Panjaitan, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Semenjak awal, kata Hinca, Prabowo menjadikan SBY sebagai mentor debat. “Sejak awal Pak Prabowo memang mengatakan akan menjadikan Pak SBY sebagai mentor debat,” kata Hinca ditemui di kediaman SBY di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018).

Hinca mengatakan pengalaman SBY sebagai dua periode akan berguna memandu Prabowo-Sandi pada debat yang akan berlangsung mulai 17 Januari 2019 mendatang.

“SBY kan dua kali juara, punya pengalaman dan cukup sarat dengan berbagai macam hal,” kata Hinca.

Apalagi menurut Hinca, SBY sudah tiga bulan turun ke lapangan mengkampanyekan Demokrat sekaligus Prabowo-Sandi.

Hinca IP Panjaitan, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat
Hinca IP Panjaitan, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat

“Masukan dari Pak SBY akan berguna karena beliau selama tiga bulan sudah turun ke lapangan kampanyekan Demokrat sekaligus Prabowo-Sandi,” tambah Hinca.

“Walaupun debat itu penting agar masyarakat mendapatkan informasi namun kampanye yang paling efektif adalah bertemu langsung sekaligus menyerap aspirasi masyarakat,” tutur Hinca.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon saat ditanya peluang SBY menjadi mentor Prabowo.

“Saya kira bisa saja (SBY jadi mentor Prabowo). Pasti dari pimpinan-pimpinan partai politik itu akan dimintai masukan, pandangan, nasihat-nasihatnya supaya di dalam debat tampil secara prima, baik dari sisi substansi maupun dari sisi teknis,” kata Fadli di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (20/12).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan penyelenggaraan debat perdana Pilpres 2019 akan digelar pada 17 Januari 2019. Tema debat perdana ini berkaitan dengan isu hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Adapun debat ini akan diikuti oleh pasangan capres-cawapres peserta pemilu, yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.