Sebanyak 2.000 Personel Keamanan Dikerahkan Untuk Amankan Jalannya Debat Capres Perdana

0
111
Sebanyak 2.000 Personel Keamanan Dikerahkan Untuk Amankan Jalannya Debat Capres Perdana

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada Kamis (17/1/2019). Acara tersebut diselenggarakan di Birawa Assembly Hall di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Berdasarkan jadwal yang sudah disusun, debat akan dimulai pukul 20.00 WIB dengan durasi 89 menit 55 detik. Debat perdana akan dipandu dua moderator yaitu mantan jurnalis, Ira Koesno dan jurnalis senior, Imam Priyono.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan ribuan personel keamanan gabungan dikerahkan untuk mengamankan jalannya debat.

” Untuk kegiatan debat pertama capres-cawapres, kita siapkan 2.000 personel gabungan, ya,” kata Argo, Kamis 17 Januari 2019.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono

Adapun pola pengamanan dibagi menjadi empat ring. Pertama, di dalam ruang debat di bawah komando Paspampres. Untuk ring kedua, di luar ruang debat tetapi masih berada di dalam Hotel Bidakara. Nantinya ring dua tersebut akan dijaga oleh Polisi dan TNI.

Ketiga, pengamanan dilakukan di luar gedung, seperti di parkiran dan basement. Dan keempat di luar area gedung, seperti di jalanan tol, ada anggota Ditlantas dan Sabhara Polda Metro yang jaga,” jelas Argo.

Dikatakan Argo, hanya ada 100 orang tamu yang diizinkan masuk ke ruang debat. Selebihnya, para pendukung cukup mengikuti debat dari luar ruangan.

“Kita harap dukungan di luar ruangan, kalau ada dukungan lain yang datang ke Bidakara, kita harapkan ketertiban,” ucap Argo.

Selain itu, Argo juga mengimbau kepada para pendukung supaya tidak membawa barang-barang yang dilarang dan membahayakan. Juga tidak merusak fasilitas umum.

” Jaga kegiatan itu agar terlaksana dengan aman dan lancar, karena Jakarta ibukota negara. Tentunya negara asing akan lihat gimana demokrasi di Indonesia,” tutur Argo.

Sebanyak 2.000 personel keamanan dikerahkan untuk mengamankan jalannya Debat Capres. Semoga debat perdana Capres 2019 dapat berjalan dengan aman dan tertib.