Usai Debat Pertama, Dana Kampanye Prabowo-Sandi Meningkat Signifikan

0
122
Usai Debat Pertama, Dana Kampanye Prabowo-Sandi Meningkat Signifikan

Usai debat perdana Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019, sumbangan masyarakat untuk dana kampanye pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meningkat signifikan. Hal tersebut terungkap dalam laporan perkembangan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye pasangan Prabowo-Sandi yang diumumkan pada Kamis, 31 Januari 2019.

Wakil Bendahara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Satrio Dimas mengatakan bahwa total sumbangan masyarakat pada Desember lalu sebesar Rp144 juta.

“Pasca debat pilpres perdana alhamdulillah animo masyarakat semakin meningkat, sehingga di Januari ini kami menerima Rp246 juta. Tentunya ini kami syukuri dan akan kami pertanggungjawabkan,” kata Satrio di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Selain itu, sumbangan dana kampanye juga berasal dari Prabowo Subianto sebesar Rp34,4 miliar dan Sandiaga Uno sebesar Rp63,3 miliar.

“Total penerimaan dana kampanye per Januari adalah Rp99,7 miliar. Sementara pengeluaran dana kampanye sebesar Rp83,2 miliar,” ujar Satrio.

Usai Debat Pertama, Dana Kampanye Prabowo-Sandi Meningkat Signifikan
Usai Debat Pertama, Dana Kampanye Prabowo-Sandi Meningkat Signifikan

Sementara itu, kepada masyarakat, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi karena telah turut memberikan sumbangan uang untuk dana kampanyenya. Menurut Sandi, antusiasme masyarakat dalam memberikan sumbangan perjuangan bagi Prabowo-Sandi terus meningkat di tiap kunjungannya.

Kemudian, calon wakil presiden nomor urut 02 itu pun menceritakan tentang seorang guru honorer yang menyumbangkan sebagian pendapatan yang minim. Selain itu, kata Sandi, ada juga seorang anak bernama Salman Alfarisi yang memberikan seluruh uang di celengannya, serta pelukis di Jakarta Barat yang menyumbangkan 10% dari nilai lukisannya untuk perjuangan Prabowo-Sandi.

“Saya lihat semakin hari semakin banyak yang menyumbang dan kita bersyukur bahwa ini adalah sebuah hal yang berbeda sekali. Bahwa politisi biasanya nyawer, kalau sekarang kita yang diberikan amplop, plastik atau besek yang isinya sumbangan dana perjuangan,” jelas Sandiaga.

Oleh sebab itu, pihaknya berkomitmen untuk mengumumkan laporan tiap akhir bulan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas. “Bahwa kalau kita kerja keras, masyarakat akan berpartisipasi dan memberikan dukungan kepada kita,” tutup Sandiaga.

Dengan meningkatnya dana kampanye, menandakan bahwa dukungan dan kepercayaan masyarakat juga semakin meningkat untuk pemenangan Prabowo-Sandi menuju Indonesia lebih baik.