Dapat Gelar Bangsawan, Prabowo Ucapkan Terimakasih Pada Kesultanan Pontianak

0
118
Dapat Gelar Bangsawan, Prabowo Ucapkan Terimakasih Pada Kesultanan Pontianak (buletinnasional.com)
Dapat Gelar Bangsawan, Prabowo Ucapkan Terimakasih Pada Kesultanan Pontianak

Calon Presiden Prabowo Subianto menerima gelar bangsawan dari Kesultanan Kadriah Pontianak. Penerimaan gelar tersebut saat calon presiden nomor urut 02 itu melanjutkan lawatan politiknya ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sultan Pontianak IX, Syarif Machmud Alkadrie memberikan langsung gelar bangsawan Kesultanan Pontianak itu kepada Prabowo. Proses pemberian gelar bangsawan diawali dengan pembacaan sholawat Diba’i oleh pemuka adat Kesultanan Pontianak.

Kemudian, prosesi berikutnya adalah pembacaan sumpah penganugerahan gelar bangsawan Kesultanan Pontianak. Dalam prosesi itu, Prabowo diminta memegang teguh ajaran agama sebagaimana telah tertulis dalan Al-Qur’an dan sunnah.

“Sesungguhnya sultan memberikan gelar adat bangsawan Datuk Sri Setia Negara agar selalu menjadi tanggung jawab menerapkan ajaran Al-Quran dan sunnah,” ujar Sultan Syarif.

Dapat Gelar Bangsawan, Prabowo Ucapkan Terimakasih Pada Kesultanan Pontianak (buletinnasional.com)
Dapat Gelar Bangsawan, Prabowo Ucapkan Terimakasih Pada Kesultanan Pontianak

Selanjutnya, setelah dianugerahi gelar bangsawan, Prabowo tampil mengenakan baju adat Kesultanan Pontianak. Baju adat tersebut berupa baju setelan warna gading, dengan ikat kain tenun merah bersulam emas di pinggang, berselempang kain warna emas dan peci hitam dengan tali emas melingkar, serta dua tanda bintang di dada.

Usai prosesi adat itu, Mantan Danjen Kopassus itu juga sudah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Kesultanan Pontianak. Sebagai keluarga, Prabowo pun diminta untuk menjaga nama baik kesultanan.

“Kami tabalkan sebagai Datuk Sri Setia Negara yang merupakan seorang bangsawan Kesultanan Pontianak. Sejak diangkat gelar kebangsawanan ini, maka bersatulah persaudaraan kita dunia akhirat. Jaga kehormatan dan martabat kesultanan ini,” tutur Sultan Syarif.

Dalam sambutannya, Sultan Syarif mendoakan Prabowo bisa melalui pemilu 2019 dengan lancar dan mendapatkan mandat dari rakyat untuk memimpin negeri ini.

“Semoga kedatangan beliau di Istana Kadriyah ini bisa mengantarkan beliau menuju istana negara. Mewakili rakyat Kalbar, mudah-mudahan beliau terpilih jadi presiden,” doa Sultan Syarif.

Sementara itu, Prabowo juga menyampaikan rasa terimakasih atas penganugerahan gelar bangsawan Kesultanan Pontianak. Baginya, penganugerahan gelar adat ini adalah sebuah kehormatan besar.

“Saya sangat berterimakasih atas pemberian gelar ini. Ini sangat luarbiasa. Sambutan rakyat Pontianak sangat luarbiasa,” pungkasnya.

Saat berkunjung ke Kota Pontianak, Prabowo mendapat Gelar Bangsawan. Kemudian Prabowo mengucapkan terimakasih kepada Kesultanan Pontianak.