Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Di Sekitar Lokasi Debat Pilpres

0
102
Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Di Sekitar Lokasi Debat Pilpres (buletinnasional.com)
Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Di Sekitar Lokasi Debat Pilpres

Debat keempat Capres 2019 hari ini akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Polda Metro Jaya (PMJ) telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi adanya kepadatan kendaran disekitar lokasi debat keempat Capres Sabtu, 30 Maret 2019.

Pintu masuk utama Hotel Shangri-La, Jakarta yang berada di Jalan R.M Margono Djojohadikoesoemo akan diberlakukan satu arah. Karena, pintu tersebut akan jadi entry utama bagi para kandidat calon presiden dan tamu-tamu VVIP maupun VIP.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono berharap agar kondisi lalu lintas di jalan tersebut tidak padat saat para peserta maupun tamu undangan hadir.

“Sudah, kami sudah siapkan (rekayasa lalin). Pak Dirlantas yang menyiapkan rekayasa lalu lintasnya. Nanti mungkin di depan hotel ini kita hanya membuat satu arah saja,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Jumat (29/3/2019).

Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Di Sekitar Lokasi Debat Pilpres (buletinnasional.com)
Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Di Sekitar Lokasi Debat Pilpres

Kemungkinan, pemberlakuan satu arah tersebut akan berlaku untuk sisi Jalan R.M Margono Djojohadikoesoemo yang mengarah dari Jalan Penjernihan 1 ke Jalan Galunggung. Sedangkan arah sebaliknya akan dibuka kondisional, hanya untuk akses peserta dan tamu undangan masuk.

Tetapi, untuk kepastian alur rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi debat lebih lengkap, akan disampaikan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Kaya Kombes Pol Yusuf, di hari pelaksanaan debat. PMJ juga akan mensosialisasikan rekayasa lalin ini kepada masyarakat agar mereka dapat mengantisipasinya.

“Supaya tidak terganggu kamacetan di sini. Nanti kita akan sosialisasikan. Sehingga masyarakat juga bisa antisipasi agar tidak lewat jalan ini. Kalau jalan satu arah boleh,” katanya.

Terkait pengamanan, ada sekitar 5.000 personel gabungan Polri dan TNI yang dikerahkan untuk pelaksanaan pengamanan jalannya debat Capres.

Sementara itu, sistem pendeteksi wajah atau face recognition juga disiapkan oleh pihak kepolisian sebagai langkah antisipasi adanya daftar pencarian orang (DPO) yang menyusup ke dalam area Hotel Shangri-La.

Pihak kepolisian juga sudah membagi wilayah pengamanannya di sekitar lokasi debat menjadi empat zona. Yaitu, ring 1 pada objek arena debat, ring 2 pada bagian luar objek debat, serta ring 3 dan ring 4 dengan membuat pos-pos penjagaan di area luar sekitar kawasan objek debat.

Diketahui, debat keempat Pilpres 2019 kembali akan mempertemukan dua Calon Presiden yakni, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Adapun tema yang dibahas mengenai ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional.