Tunggu Hasil Rekap Kabupaten, Suara Prabowo Unggul Atas Jokowi Di Kuningan

0
31
Tunggu Hasil Rekap Kabupaten, Suara Prabowo Unggul Atas Jokowi Di Kuningan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuningan menanggapi terkait beredarnya informasi hasil perhitungan surat suara Pemilu 2019, baik Pilpres maupun Pileg di kalangan masyarakat. Atas kejadian itu, KPU menghimbau agar menunggu hasil perhitungan manual dari rekapitulasi tingkat kabupaten.

Dikarenakan kebenaran informasi hasil perhitungan tersebut belum dapat dipastikan, sebab hasil riil-nya sesuai dengan rapat pleno penyelenggara pemilu. Salah satu informasinya yaitu, beredar data rekapitulasi hasil perhitungan surat suara PPK se-Kabupaten Kuningan.

Adapun informasi tersebut menyatakan bahwa jumlah suara pasangan Prabowo-Sandiaga sebanyak 381.685 (60,04%) unggul dibanding pasangan Jokowi-Ma’ruf yang hanya 254.034 suara (39,96 %).

“Itu kan bukan urusan penyelenggara, itu kan di publik. Enggak bisa, yang bisa dipastikan itu ya hasil dari mekanisme rapat pleno di penyelenggara dalam hal ini PPK, KPU secara berjenjang sampai tingkat nasional,” kata Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi saat memberikan keterangan persnya, Sabtu (20/4).

Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi (buletinnasional.com)
Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi

Asep mengatakan, bahwa basis data yang dapat dipastikan yaitu berdasarkan data manual hasil rekapitulasi secara berjenjang.

“Basis datanya itu manual, yang dimuat dalam kotak suara. Tetapi kalau publik atau masyarakat siapapun bisa mencatat setiap proses rekapitulasi, bisa jadi mereka mem-publish ada yang buat kepentingan pribadi,” tuturnya.

Menurut Asep, keputusan akhir siapapun calon yang ditetapkan tentunya harus berdasarkan rapat pleno yang digelar oleh struktur KPU.

“Kami memohon agar masyarakat tetap mengikuti tahapan-tahapan yang sesungguhnya. Yakni diatur dalam peraturan perundang-undangan, bahwa lembaga penyelenggara pemilu ini adalah KPU,” ujarnya.

Jadi artinya kata Asfa, sapaan akrabnya, hasil dari pemilihan baik Pilpres maupun Pileg itu tetap melalui KPU.

“Karena satusatunya lembaga yang diberi mandat oleh undang-undang penyelenggaraan pemilihan adalah KPU. Pleno sendiri paling cepat di jadwal tanggal 5 Mei, kenapa lama, karena standar jadwal itu bersifat nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait beredarnya informasi hasil perhitungan surat suara Pemilu 2019, baik Pilpres maupun Pileg di kalangan masyarakat. Ketua PDIP Kuningan, Rana Suparman mengakui keunggulan pasangan Prabowo-Sandi.

“Kita sudah final data presiden di Kabupaten Kuningan. Kita harus akui, di tingkat Kabupaten, capres 02 Prabowo-Sandiaga unggul dalam perolehan suara. Saya gak perlu menolak kenyataan,” ujar Rana Suparman, Minggu (21/4).

Saat ditanya soal sebagian besar Quick Qount hasil lembaga survey menempatkan paslon 01 Jokowi-Ma’ruf menang, Rana menilai, itu adalah urusan pusat. Tetapi, untuk di daerah sendiri pihaknya sekali lagi mengakui keunggulan suara paslon 02, Prabowo-Sandiaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here